Salah satu upaya SEAMEO RECFON dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan
guru dalam menyampaikan pesan gizi kepada peserta didik di masa pandemi Covid-19 ini
adalah dengan memanfaatkan sistem pembelajaran jarak jauh. Salah satu kegiatan yang akan
kami selenggarakan adalah kegiatan Nutrition Goes to School/NGTS SOLUTIONS
(Strengthening via Online Lecture Updates and Teachers’ Interaction on Nutrition Series)
yang merupakan kegiatan berbagi informasi oleh guru kepada sesama rekan guru di seluruh
Indonesia terkait pelaksanaan NGTS.
Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:
A. Latar Belakang
Program Gizi Untuk Prestasi (Nutrition Goes to School/NGTS) telah dirintis sejak
tahun 2016 oleh SEAMEO RECFON bekerjasama dengan berbagai institusi seperti
institusi pendidikan, sekolah, pemerintah setempat dan lembaga lainnya. Program ini juga
bekerjasama dengan unit utama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik
Indonesia khususnya terkait penyelenggaraan Pelatihan Gizi Dalam Jaringan untuk Guruguru di Indonesia baik tingkat SD, SMP, dan SMA/K sederajat. Program NGTS
mempunyai rangkaian kegiatan terintegrasi seperti kebun sekolah, kantin sehat, edukasi
gizi, advokasi kebijakan sekolah dan sistem informasi dengan memberdayakan
manajemen sekolah khususnya guru. Program ini mempunyai tujuan untuk mendukung
para siswa melalui aktivitas terintegrasi dalam mencapai siswa sekolah yang AWESOME
(Aktif, Bergizi Baik dan Cerdas).
Guru merupakan salah satu figur utama yang dirujuk dan mendapat kepercayaan dari
peserta didik baik untuk kegiatan akademik maupun perilaku keseharian. Oleh karena itu,
peran guru sangat strategis untuk perubahan perilaku siswa, termasuk dalam menanamkan
kebiasaan perilaku hidup bersih, sehat dan bergizi melalui kegiatan edukasi gizi maupun
pemberian contoh secara langsung. Sebagai bagian dari komponen penting dalam
pelaksanaan edukasi gizi, diperlukan upaya kapasitasi terhadap guru mengenai topik gizi
dan kesehatan, metode pembelajaran yang menarik dan motivasi menjadi pendidik
berkualitas. Selain itu, bimbingan teknis yang intens juga diperlukan bagi guru oleh
fasilitator sehingga peran guru semakin optimal dalam implementasi program.
Dengan perkembangan Program Gizi Untuk Prestasi yang telah dilakukan oleh
SEAMEO RECFON tersebut maka diperlukan sebuah kegiatan tindak lanjut sebagai
penyegaran kepada guru dan upaya dalam memperkuat implementasi program NGTS yang telah dijalankan, khususnya kepada sekolah dan guru yang telah mengikuti Pelatihan
Gizi dan Kesehatan baik yang diselenggarakan secara tatap muka maupun melalui
pendekatan dalam jaringan. Kegiatan yang berjudul “NGTS SOLUTIONS
(Strengthening via Online Lecture Updates and Teachers' Interaction on Nutrition
Series) during Covid-19 Period” ini bertujuan untuk memberikan sarana berbagi ilmu
dan pengalaman oleh para guru pemenang dan finalis kegiatan Gizi untuk Prestasi Award
tahun 2019, terutama menyiapkan para guru melalui masa transisi akibat pandemi
Covid19 dalam bentuk beberapa seri pertemuan dalam jaringan
B. Dasar Hukum
Mengacu pada arahan Kemendikbud mengenai realokasi anggaran untuk penanganan Covid19 dan dukungan terhadap Program Guru Penggerak serta misi SEAMEO RECFON yaitu “To conduct education, capacity building, research and information dissemination in food and nutrition through partnership for sustainable human resources development”. maka kegiatan “NGTS SOLUTIONS (Strengthening via Online Lecture Updates and Teachers' Interaction on Nutrition Series) during Covid-19 Period” ini diselenggarakan.
C. Tujuan
Tujuan dari kegiatan ini adalah: 1. Memberikan motivasi dan meningkatkan kepercayaan diri narasumber untuk terus melakukan kegiatan NGTS di sekolahnya serta sebagai guru penggerak di wilayahnya 2. Memberikan wadah komunikasi para alumni pelatihan gizi dan kesehatan yang dikoordinir oleh SEAMEO RECFON 3. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menyampaikan pesan-pesan gizi dan kesehatan kepada peserta didik dalam menghadapi masa transisi akibat pandemi Covid19 melalui pembelajaran berbagi pengalaman oleh sesama guru. 4. Mendukung program Guru Penggerak dari Kemendikbud RI
D. Keluaran
yang Diharapkan Keluaran dari kegiatan ini adalah adanya beberapa sesi berbagi ilmu dan pengalaman oleh guru pemenang dan finalis “Gizi untuk Prestasi Award” kepada guru – guru alumni pelatihan gizi baik dalam bentuk tatap muka maupun dalam jaringan. Hal ini diharapkan juga dapat berkontribusi pada terbentuknya lingkungan yang mendukung perbaikan 3 praktik gizi serta status gizi remaja di Indonesia terutama dalam masa transisi akibat pandemi Covid19
B. Dasar Hukum
Mengacu pada arahan Kemendikbud mengenai realokasi anggaran untuk penanganan Covid19 dan dukungan terhadap Program Guru Penggerak serta misi SEAMEO RECFON yaitu “To conduct education, capacity building, research and information dissemination in food and nutrition through partnership for sustainable human resources development”. maka kegiatan “NGTS SOLUTIONS (Strengthening via Online Lecture Updates and Teachers' Interaction on Nutrition Series) during Covid-19 Period” ini diselenggarakan.
C. Tujuan
Tujuan dari kegiatan ini adalah: 1. Memberikan motivasi dan meningkatkan kepercayaan diri narasumber untuk terus melakukan kegiatan NGTS di sekolahnya serta sebagai guru penggerak di wilayahnya 2. Memberikan wadah komunikasi para alumni pelatihan gizi dan kesehatan yang dikoordinir oleh SEAMEO RECFON 3. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menyampaikan pesan-pesan gizi dan kesehatan kepada peserta didik dalam menghadapi masa transisi akibat pandemi Covid19 melalui pembelajaran berbagi pengalaman oleh sesama guru. 4. Mendukung program Guru Penggerak dari Kemendikbud RI
D. Keluaran
yang Diharapkan Keluaran dari kegiatan ini adalah adanya beberapa sesi berbagi ilmu dan pengalaman oleh guru pemenang dan finalis “Gizi untuk Prestasi Award” kepada guru – guru alumni pelatihan gizi baik dalam bentuk tatap muka maupun dalam jaringan. Hal ini diharapkan juga dapat berkontribusi pada terbentuknya lingkungan yang mendukung perbaikan 3 praktik gizi serta status gizi remaja di Indonesia terutama dalam masa transisi akibat pandemi Covid19








0 komentar:
Posting Komentar