IKATAN GURU INDONESIA (IGI) merupakan organisasi profesi guru yang disahkan oleh
pemerintah melalui SK Depkumham Nomor AHU-125.AH.01.06.Tahun 2009, tertanggal
26 November 2009. Melalui wadah IGI, diharapkan para guru dapat mengubah
dirinya sendiri tanpa harus bergantung pada pihak lain dan sekaligus bersiap
menjadi lokomotif penggerak perubahan bagi bangsa dengan motto “ Sharing and
Growing Together”. Ikatan Guru Indonesia akan menjadi komunitas yang tepat bagi
para guru dan siapa saja yang tertarik dan peduli pada pentingnya memajukan
dunia pendidikan dan keguruan.
Pada
tahun 2020 ini, Ikatan Guru Indonesia kembali membuat Inovasi, ketatnya aturan
penerbitan sertifikat pelatihan di IGI seperti misalnya harus menghasilkan
produk, harus memahami dan bisa mengoperasikan, harus mampu mengaplikasikannya
di ruang-ruang kelas memicu “jalan pintas” sebagian guru.
Untuk
itu PP IGI telah membuat guru pembelajar.igi.or.id , sebuah sistem informasi
kepelatihan yang terintegrasi dengan sistem keanggotaan IGI sehingga seluruh
sertifikat pelatihan yang diterbitkan lewat sistem ini dijamin keaslian dan
validitasnya. Selain itu guru-guru di Seluruh Indonesia juga bisa mengintip
pelatihan apa saja yang sedang berjalan, sedang ditawarkan atau sudah
dilaksanakan oleh Ikatan Guru Indonesia sehingga guru bisa memilih pelatihan
sesuai dengan waktu, tempat, materi dan keahlian khusus yang diinginkannya.
Kini,
seluruh sertifikat pelatihan yang dikeluarkan IGI bisa dicek oleh siapapun akan
keaslian sertifikat tersebut, jika tak ditemukan dalam gurupembelajar.igi.or.id maka
bisa dipastikan, sertifikat itu palsu adanya.
Gambaran
guru pembelajar IGI sebagai berikut :
Sistem Kegiatan yang beralamat di gurupembelajar.igi.or.id ini fokus utamanya adalah mengelola kegiatan yang dilaksanakan kanal-kanal resmi Ikatan Guru Indonesia, fitur utama pada sistem ini adalah sebagai berikut:
Sistem Kegiatan yang beralamat di gurupembelajar.igi.or.id ini fokus utamanya adalah mengelola kegiatan yang dilaksanakan kanal-kanal resmi Ikatan Guru Indonesia, fitur utama pada sistem ini adalah sebagai berikut:
- Menampilkan dan mengelola kegiatan-kegiatan yang sedang
dilaksanakan masing-masing kanal IGI, tersedia dua kategori yaitu Kegiatan
Internal (Berbayar dan Gratis) Kegiatan Umum (Berbayar dan Gratis).
- Terintegrasi dengan sistem keanggotaan IGI (anggota.igi.or.id),
dengan tujuan untuk membaca data keanggotaan resmi IGI, sehingga anggota
IGI yang akan mengikuti kegiatan cukup dengan login menggunakan akun yang
sama dengan sistem keanggotaan IGI.
- Pengelolaan Narasumber untuk masing-masing kanal
kegiatan.
- Khusus kegiatan yang pesertanya banyak, bisa
memanfaatkan fitur pembuatan kelas-kelas yang nantinya diisi oleh peserta
dan pelatih-pelatih.
- Desain sertifikat yang bebas dibuat oleh masing-masing
kanal kegiatan dengan tetap memperhatikan tata letak sertifikat yang sudah
ditentukan sistem.
- Penerbitan sertifikat dengan nomor sertifikat Nasional
masing-masing kanal secara otomatis setelah pelatih kegiatan meluluskan
peserta.
- Fitur validasi sertifikat yang sudah dikeluarkan IGI
dengan cara scan QR code yang ada pada sertifikat, atau dengan cara
memasukkan nomor sertifikat.
- Fitur Rekap kegiatan, Narasumber, dan Peserta lengkap.
Salah satu inovasi IGI pada tahun
ini adalah melakukan Workshop Online kepada guru-guru yaitu Worshop SAGUSABLOG.
SAGUSABLOG Online sukses menghasilkan lebih dari 500 blog guru keren lengkap dengan konten
pendidikan, Dengan semangat “Sharing and Growing Together” alumni-alumni
SAGUSABLOG Online siap terjun ke Kab./Kota diseluruh Indonesia untuk berbagi
ilmu dengan Guru-Guru Indonesia, bagaimana cara membuat media pembelajaran
berbasis blog yang keren, membuat soal online, blog seo friendly, monetize
blog, dll.
Pola
workshop SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) adalah in – on. In: tatap muka 1 hari
dengan pelatih yang telah lulus workshop SAGUSABLOG dan berasal dari daerah
setempat atau didatangkan dari daerah atau propinsi lain yang terdekat,
dilanjutkan dengan On: pendampingan secara online melalui group telegram oleh
pelatih-pelatih SAGUSABLOG selama 1 minggu, jika anda dinyatakan lulus tentunya
dengan menunjukan hasil yang telah dicapai, maka anda berhak mendapatkan
sertifikat kelulusan Workshop SAGUSABLOG dengan 41 JP.
Ditahap
awal ini, kami persilahkan bagi anda yang berminat mengikuti Workshop Live
SAGUSABLOG di Wilayah/ Daerah anda untuk mengisi formulir pendaftaran melalui
tautan: http://www.sagusablog.com/p/daftar.html jika
daerah anda telah memenui syarat pelaksanaan workshop SAGUSABLOG Live yaitu
dengan jumlah minimal peserta 50 orang, kami akan koordinasi dengan Wilayah dan
Daerah anda untuk pelaksanaan kegiatan SAGUSABLOG Live 500 Kabupaten/ Kota
SeIndonesia.









0 komentar:
Posting Komentar