Jumat, 03 Juli 2020

IKATAN GURU INDONESIA INGIN GURU LEBIH KREAKTIF MELALUI SAGUSABLOG



              IKATAN GURU INDONESIA (IGI) merupakan organisasi profesi guru yang disahkan oleh pemerintah melalui SK Depkumham Nomor AHU-125.AH.01.06.Tahun 2009, tertanggal 26 November 2009. Melalui wadah IGI, diharapkan para guru dapat mengubah dirinya sendiri tanpa harus bergantung pada pihak lain dan sekaligus bersiap menjadi lokomotif penggerak perubahan bagi bangsa dengan motto “ Sharing and Growing Together”. Ikatan Guru Indonesia akan menjadi komunitas yang tepat bagi para guru dan siapa saja yang tertarik dan peduli pada pentingnya memajukan dunia pendidikan dan keguruan.



              Pada tahun 2020 ini, Ikatan Guru Indonesia kembali membuat Inovasi, ketatnya aturan penerbitan sertifikat pelatihan di IGI seperti misalnya harus menghasilkan produk, harus memahami dan bisa mengoperasikan, harus mampu mengaplikasikannya di ruang-ruang kelas memicu “jalan pintas” sebagian guru.

              Untuk itu PP IGI telah membuat guru pembelajar.igi.or.id , sebuah sistem informasi kepelatihan yang terintegrasi dengan sistem keanggotaan IGI sehingga seluruh sertifikat pelatihan yang diterbitkan lewat sistem ini dijamin keaslian dan validitasnya. Selain itu guru-guru di Seluruh Indonesia juga bisa mengintip pelatihan apa saja yang sedang berjalan, sedang ditawarkan atau sudah dilaksanakan oleh Ikatan Guru Indonesia sehingga guru bisa memilih pelatihan sesuai dengan waktu, tempat, materi dan keahlian khusus yang diinginkannya.
              Kini, seluruh sertifikat pelatihan yang dikeluarkan IGI bisa dicek oleh siapapun akan keaslian sertifikat tersebut, jika tak ditemukan dalam gurupembelajar.igi.or.id maka bisa dipastikan, sertifikat itu palsu adanya.
              Gambaran guru pembelajar IGI sebagai berikut :
Sistem Kegiatan yang beralamat di gurupembelajar.igi.or.id ini fokus utamanya adalah mengelola kegiatan yang dilaksanakan kanal-kanal resmi Ikatan Guru Indonesia, fitur utama pada sistem ini adalah sebagai berikut:
  1. Menampilkan dan mengelola kegiatan-kegiatan yang sedang dilaksanakan masing-masing kanal IGI, tersedia dua kategori yaitu Kegiatan Internal (Berbayar dan Gratis) Kegiatan Umum (Berbayar dan Gratis).
  2. Terintegrasi dengan sistem keanggotaan IGI (anggota.igi.or.id), dengan tujuan untuk membaca data keanggotaan resmi IGI, sehingga anggota IGI yang akan mengikuti kegiatan cukup dengan login menggunakan akun yang sama dengan sistem keanggotaan IGI.
  3. Pengelolaan Narasumber untuk masing-masing kanal kegiatan.
  4. Khusus kegiatan yang pesertanya banyak, bisa memanfaatkan fitur pembuatan kelas-kelas yang nantinya diisi oleh peserta dan pelatih-pelatih.
  5. Desain sertifikat yang bebas dibuat oleh masing-masing kanal kegiatan dengan tetap memperhatikan tata letak sertifikat yang sudah ditentukan sistem.
  6. Penerbitan sertifikat dengan nomor sertifikat Nasional masing-masing kanal secara otomatis setelah pelatih kegiatan meluluskan peserta.
  7. Fitur validasi sertifikat yang sudah dikeluarkan IGI dengan cara scan QR code yang ada pada sertifikat, atau dengan cara memasukkan nomor sertifikat.
  8. Fitur Rekap kegiatan, Narasumber, dan Peserta lengkap.
              Salah satu inovasi IGI pada tahun ini adalah melakukan Workshop Online kepada guru-guru yaitu Worshop SAGUSABLOG.


SAGUSABLOG Online sukses menghasilkan lebih dari 500 blog guru keren lengkap dengan konten pendidikan, Dengan semangat “Sharing and Growing Together” alumni-alumni SAGUSABLOG Online siap terjun ke Kab./Kota diseluruh Indonesia untuk berbagi ilmu dengan Guru-Guru Indonesia, bagaimana cara membuat media pembelajaran berbasis blog yang keren, membuat soal online, blog seo friendly, monetize blog, dll.
              Pola workshop SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) adalah in – on. In: tatap muka 1 hari dengan pelatih yang telah lulus workshop SAGUSABLOG dan berasal dari daerah setempat atau didatangkan dari daerah atau propinsi lain yang terdekat, dilanjutkan dengan On: pendampingan secara online melalui group telegram oleh pelatih-pelatih SAGUSABLOG selama 1 minggu, jika anda dinyatakan lulus tentunya dengan menunjukan hasil yang telah dicapai, maka anda berhak mendapatkan sertifikat kelulusan Workshop SAGUSABLOG dengan 41 JP.
              Ditahap awal ini, kami persilahkan bagi anda yang berminat mengikuti Workshop Live SAGUSABLOG di Wilayah/ Daerah anda untuk mengisi formulir pendaftaran melalui tautan: http://www.sagusablog.com/p/daftar.html jika daerah anda telah memenui syarat pelaksanaan workshop SAGUSABLOG Live yaitu dengan jumlah minimal peserta 50 orang, kami akan koordinasi dengan Wilayah dan Daerah anda untuk pelaksanaan kegiatan SAGUSABLOG Live 500 Kabupaten/ Kota SeIndonesia.

0 komentar:

Posting Komentar